Thursday, November 3, 2016

4 Kebiasaan Kecil Ini, Miliki Manfaat Yang Sangat Besar

https://andika21.files.wordpress.com/2012/05/bulan-tersenyum.jpg

TERKADANG banyak orang yang menyepelekan hal-hal kecil. Padahal, boleh jadi perkara kecil itu memiliki manfaat yang luar biasa bagi kita. Di antaranya ada aktivitas-aktivitas kecil yang ternyata mengandung manfaat besar. Apakah itu?

1. Senyum
Apakah Anda telah terbiasa melakukan ini? Jika belum, maka Anda harus menjadikan ini sebagai kebiasaan. Kelihatannya senyum adalah hal sepele, namun senyum akan membawa hal positif untuk diri sendiri atau orang lain. Senyum juga dibagi menjadi beberapa bagian, ada senyum bahagia, senyum sedih, ada pula senyum yang dibuat-buat. Yang dimaksud di sini adalah senyuman tulus.

2. Salam
Salam merupakan kebiasaan baik yang dicontohkan langsung oleh Nabi Muhammad, yang tentunya mangandung manfaat luar biasa. Salam berarti doa. Dengan mengucap salam berarti kita telah mendoakan seseorang. Sabda Nabi Muhammad, “Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, ‘Dan bagimu juga kebaikan yang sama’.”

 http://www.kautsar.co.id/public/media/images/thumb/2012/02/24/2012-02-24-15-14-29_heartboxbeyla.blogspot.com_thumb_280_210.jpg

3. Menyapa
Kebiasaan ini mungkin sudah sangat jarang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi di kota-kota besar. Inilah yang harusnya kita bangun kembali. Karena menyapa adalah kebiasaan nenek moyang kita yang wajib kita lestarikan. Dahulu bangsa kita adalah bangsa yang terkenal akan sopan santunnya. Sedangkan menyapa adalah salah satu kebiasaan yang mencerminkan sikap sopan santun. Selain itu, sapaan juga merupakan sebuah penghargaan bagi siapa saja yang menerimanya.

4. Mengucapkan Terima Kasih
Satu lagi kegiatan yang sangat ringan dilakukan, tapi luar biasa manfaatnya yaitu mengucap terima kasih. Tapi tetap saja ada orang yang enggan mengucapkan terima kasih. Padahal kebiasaan ini mengandung nilai yang luar biasa, seperti menghargai orang lain. Setiap orang yang mendapatkan ucapan terima kasih pastilah orang tersebut akan merasa bahwa dirinya berguna bagi orang lain.

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

No comments:

Post a Comment